Apa itu Web Proxy?

Haloo sobat sekolahan! Apa kabar hari ini? Ketemu mimin lagi nihh, dikesempatan kali ini mimin akan membahas tentang Web Proxy, di dalam teknologi jaringan pasti kalian pernah mendengar “Web Proxy”. Jadi apa itu Web Proxy? Proxy adalah suatu sistem yang memungkinkan kita untuk bisa mengakses jaringan internet menggunakan IP yang berbeda dengan yang diterima oleh perangkat. Sedangkan untuk proxy server memiliki peran sebagai gateway atau jembatan dari setiap komputer klien yang nantinya membutuhkan respon dari server. Jadi keberadaan dari web proxy di sini sangatllah penting sebagai jalur perantara untuk memudahkan klien dalam memperoleh informasi yang di cari dan telah disediakan oleh server tersebut.

Cara kerja Web Proxy

Jika suatu situs telah di buka, maka situs browser tersebut akan mengirimkan sebuah HTTP request atau permintaan ke web server. Setelah itu, proxy yang menerima request tersebut akan membuat HTTP request baru atas namanya sendiri dan ditujukan langsung ke web server. Dari sinilah HTTP dari proxy diterima oleh web server dan selanjutnya server memberikan HTTP response. Web proxy akan kembali menerima perintah tersebut dan selanjutnya di teruskan kepada browser user yang tadinya telah melakukan permintaan request.

Jenis – jenis Web Proxy

• Anonymous Proxy (Proksi Anonim)

Anonymous Proxy adalah jenis proxy yang memberikan informasi mengenai komputer pengguna. Ketika pengguna melakukan request pada sebuah website, maka website itu tidak akan mengetahui alamat IP pribadi si pengguna, tapi hanya mengetahui IP proxy nya saja.

• Transparent Proxy (Proksi Transparan)

Transparent Proxy jenis proxy yang melanjutkan permintaan pengguna ke sumber yang diinginkan tanpa memberikan informasi data diri komputer si pengguna.

• Reverse Proxy

Reverse Proxy adalah jenis proxy yang digunakan untuk mencegah klien terhubung dengan data sensitif. Sehingga saat caching pada proxy jenis ini diaktifkan maka trafik jaringan akan menurun.

• High Anonymity Proxy

High Anonymity Proxy adalah jenis proxy yang tidak mengidentifikasikan dirinya sebagai proxy server dan tidak menyediakan alamat IP original. Biasanya Proxy ini menggunakan header REMOTE_ADDR dengan alamat IP menuju proxy server, sehingga pengguna melihat bahwa proxy server ini berperan sebagai klien.

Fungsi Web Proxy

Web proxy ini berfungsi untuk melakukan permintaan terhadap konten dari jaringan internet dan intranet.

Web proxy dapat melakukan hal-hal seperti berikut lho sobat!

  • Menyembunyikan alamat IP komputer
  • Mengakses situs yang diblokir oleh ISP
  • Memblokir akses ke situs sensitif atau berbahaya
  • Menyaring cookies yang tidak diinginkan
  • Meningkatkan keamanan dan privacy pengguna internet

Keunggulan Proxy

  • Keamanan jaringan lebih terjaga, karena adanya proxy sebagai pembatas antara jaringan lokal dan jaringan luar (internet)
  • Pengaksesan kembali terhadap situs-situs yang telah diakses sebelumnya menjadi lebih cepat, karena pengaksesan tidak perlu ke jaringan luar (internet) melainkan ada pada direktori cache proxy.
  • Terdapat fasilitas filtering, baik filtering pengguna, content dan waktu akses.

Kekurangan Proxy

  • Pengaksesan terhadap situs yang belum pernah dibuka sebelumnya akan menjadi lebih lambat, karena client harus meminta terlebih dahulu ke pada proxy, setelah itu baru proxy yang akan meminta request dari client tersebut ke pada penyedia layanan internet.
  • Bila proxy server terlambat melakukan update cache, maka client akan mendapatkan content yang belum update ketika melakukan request content tersebut

Share your thoughts

share what,s happening in your mind about this post