5 Bahasa Pemrograman Terbaik!

Halo sobat sekolahan! Ketemu Mimin lagi nihh. Kali ini mimin akan menjelaskan tentang 5 bahasa pemrograman terbaik! Nah apa yang pertama kali terlintas dipikiran sobat sekolahan saat mendengar tentang bahasa pemrograman? Pasti banyak dari kalian yang menjawab bahasa pemrogaman adalah istilah komputer, yap. Betul!

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer adalah sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Secara singkat, bahasa pemrograman ini digunakan oleh seseorang programmer untuk menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.

Sobat sekolahan sudah tau belum tentang sejarah bahasa pemrograman? Kalau belum akan mimin jelaskan sedikit ya, chek it out! Awal mula bahasa pemrograman dimulai dari Antikythera yang berasal dari Yunani kuno, Antikythera adalah kalkulator. Awal mulanya bahasa pemrograman pertama kali muncul pada tahun 1822, sebuah mesin bernama Difference Engine yang diciptakan oleh Charles Babbage, mahasiswa di universitas Cambridge Inggris. Barulah 10 tahun kemudian Charles Babbage mengembangkan mesin pengolah data itu hingga mencapai versi kedua tahun 1849. Perjuangan Babbage diteruskan oleh anaknya, Henry Prevost. Prevost membuat kopian dari perhitungan algoritma mesinnya dan mengirim ke berbagai institusi di dunia.

Nah sekarang mimin akan membahas tentang 5 bahasa pemrograman terbaik, yuk sobat sekolahan kita langsung ke materinya!

1. Javascript

JavaScript adalah salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh website programmer atau website developer. Bahasa pemrograman javascript itu dijalankan di perangkat pengunjung website atau situs, bukan di server jadi berbeda dengan PHP. Javascript membuat website menjadi lebih responsif jadi apabila tidak ada tidak masalah tapi akan sangat berpengaruh pada tampilan website.

Kelebihan javascript :

• ringan dan kecil Javascript membutuhkan resource memory yang relative kecil dan ringan. Tentu saja hal ini akan sangat membantu developer dalam mengembangkan aplikasi – aplikasi ringan, tapi tetap memiliki fitur dan kegunaan yang sangat banyak bagi pengguna.

• mudah untuk dikembangkan

Selanjutnya javascript ini mudah dikembangkan lho sobat sekolahan! Ketika suatu aplikasi sudah selesai dibuat dengan menggunakan basis bahasa pemrograman Javascript, maka aplikasi tersebut bisa dengan mudah dikembangkan.

• mudah untuk dipelajari

Ketika suatu aplikasi sudah selesai dibuat dengan menggunakan basis bahasa pemrograman Javascript, maka aplikasi tersebut bisa dengan mudah dikembangkan.

2. PHP

Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS. Fungsi PHP adalah digunakan untuk pengembangan website, PHP juga bisa digunakan untuk membuat aplikasi komputer sekalipun lho sobat sekolahan!

 Kelebihan PHP :

• mudah dipelajari

• materi belajar yang berlimpah

• fleksibilitas tinggi

• banyak pilihan database

3. C++

Bahasa Pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang bisa dipakai untuk membuat berbagai aplikasi (general-purpose programming language), dan merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C.

Kelebihan c++ :

• bahasa pemrograman yang terstruktur

Bahasa pemrograman C++ bisa mengkompilasi langsung ke dalam sebuah kode asli mesin.

• lebih simpel

Sebenarnya cara kerja bahasa pemrograman C++ ini hampir sama dengan generasi sebelumnya atau bahasa pemrograman C. Namun, banyak yang merasa bila membuat program ini lebih mudah.

• mudah digunakan

Selain digunakan untuk perangkat keras, bahasa pemrograman C++ juga dapat dikembangkan dalam sebuah website hingga aplikasi lainnya.

4. Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang dapat melakukan eksekusi sejumlah instruksi multi guna secara langsung dengan metode orientasi objek serta menggunakan semantik dinamis untuk memberikan tingkat keterbacaan syntax. Python sendiri menampilkan fitur-fitur menarik sehingga layak untuk kita pelajari lho sobat sekolahan! Pertama, Python memiliki tata bahasa dan script yang sangat mudah untuk dipelajari. Python juga memiliki sistem pengelolaan data dan memori otomatis.

Kelebihan python :

• library yang luas dan banyak

• mudah dipelajari

• mudah diaplikasikan

• fleksibel

5. Ruby

Terakhir Ruby adalah bahasa pemrograman dinamis berbasis skrip yang berorientasi objek. Tujuan dari ruby adalah menggabungkan kelebihan dari semua bahasa-bahasa pemrograman skrip yang ada di dunia. Ruby ditulis dengan bahasa pemrograman C dengan kemampuan dasar seperti Perl dan Python.

Kelebihan ruby :

• Single inheritance.

• Didukung oleh OS Linux, Windows, MacOS X, OS/2, BeOs, dan Unix.

• Merupakan bahasa pemrograman scripting yang berorientasi objek.

Share your thoughts

share what,s happening in your mind about this post