10 COMMAND DASAR LINUX BAGI PEMULA

Halo sobat sekolahan! Mimin mau tanya nih ke sobat sekolahan semuanya.Kira-kira apa yang pertama kali sobat sekolahan pikirkan saat mendengar kata Linux? Mungkin sebagian besar dari sobat sekolahan akan menjawab bahwasannya linux merupakan sistem operasi yang biasa digunakan oleh programmer. Yap! betul sobat sekolahan jikalau linux biasa digunakan oleh para programmer. Namun, disini mimin akan menjelaskan pengertian dari linux itu sendiri. Yu check it out!

Jadi, linux adalah keluarga dari sistem operasi yang open-source dan didasarkan pada linux kernel. Di dalam keluarga ini juga termasuk sistem berbasis linux populer seperti Ubuntu,fedora,mint,dll. Sistem-sistem ini biasa disebut dengan kata distro.

Linux sendiri didirikan sejak tahun 1991. Sejak kemunculannya, linux sudah menyita perhatian dari banyak orang sehingga popularitas linux langsung meroket. Nah kira-kira sobat sekolahan tau gak nih alasan kenapa popularitas linux bisa se-meroket itu? jadi alasan linux bisa meroket seperti itu adalah karena linux bersifat open-source. Selain itu, hal lain yang unik dari linux ini adalah karena user bisa memodifikasi linux dan mendistirbusikannya dengan menggunakan namanya sendiri.

Jadi,sobat sekolahan. Ketika sobat sekolahan mengoperasikan OS linux, sobat sekolahan harus menggunakan shell, yaitu interface yang menyediakan akses ke layanan sistem operasi. Sebagian besar distribusi linux menggunakan antarmuka pengguna grafis (graphic user interface – GUI) sebagai shell nya ,terutama untuk memberikan kemudahan penggunaan bagi para user.

Dengan demikian, pengguna command-line interface(CLI) sangat disarankan karena lebih powerful dan efektif. Task atau tugas yang membutuhkan proses dengan banyak langkah melalui GUI dapat dilakukan hanya dalam waktu sekian detik dengan mengetikkan command atau perintah ke CLI.

Jadi, sebelum sobat sekolahan langsung memakai linux, alangkah baiknya sobat sekolahan pelajari dulu command-command atau perintah-perintah dasar dari linux. Nah kali ini juga mimin akan membahas 10 perintah dasar linux. Yu sobat sekolahan kita langsung ke materinya!

  1. pwd command

Yang pertama ada pwd command yang fungsinya untuk mencari path dari direktori(folder) yang sedang digunakan saat ini. Perintah ini akan mengembalikan path yang absolut, yang ada pada dasarnya merupakan path semua direktori yang diawali dengan garis miring depan(/).

Contohnya : /home/….

2. cd command

Selanjutnya ada cd command, yang fungsinya untuk menjelajahi file dan direktori. Nah sobat sekolahan harus ingat jikalau perintah satu ini memerlukan path penuh atau nama direktori.

Sebagai contoh, sobat sekolahan sedang berada pada /home/username/documents lalu sobat sekolahan ingin membuka videos, yang merupakan sub direktori dari documents. Untuk melakukannya sobat sekolahan hanya perlu mengetik perintah “cd videos”

3. ls command

Perintah satu ini merupakan perintah dasar linux yang fungsinya untuk melihat konten atau isi direktori. Perlu sobat sekolahan ingat, bahwa secara default perintah ini akan menampilkan isi dari direktori yang sobat sekolahan gunakan saat ini.

Sebagai contoh, jika sobat sekolahan ingin melihat isi direktori lain, sobat sekolahan tinggal mengetik “ls”, disusul dengan path direktori. Contoh, ketik ls/home/username/documents untuk melihat isi documents.

Berikut beberapa variasi yang bisa dikombinasikan dengan perintah dasar linux ls:

  • ls -R akan membuat daftar semua file yang ada di sub-direktori.
  • ls -a akan menampilkan file yang tersembunyi.
  • ls -al akan membuat daftar file dan direktori yang memuat informasi mendetail.

4. cat command

Cat command ini merupakan salah satu perintah dasar yang paling sering digunakan lho sobat sekolahan. Yang dimana command ini berfungsi untuk membuat daftar konten atau isi file pada standard output. Untuk sobat sekolahan yang ingin menjalankan command ini, sobat sekolahan hanya perlu mengetik “cat” yang kemudian diikuti dengan ektensi file. Sebagai contoh : cat file.txt

Berikut beberapa cara untuk menggunakan perintah cat :

  • cat > filename untuk membuat file baru.
  • cat filename1 filename2>filename3 untuk menggabungkan dua file(1 dan 2) dan menyimpan output nya di file baru(3).
  • cat filename | tr a-z A-Z > output.txt untuk mengonversi file ke penggunaan huruf besar atau huruf kecil.

5. cp command

Nah jika sobat sekolahan ingin menyalin file dari direktori saat ini ke direktori yang berbeda. Sobat sekolahan bisa menggunakan command satu ini.

Misalnya, command cp motor.jpg/home/username/pictures untuk membuat salinan motor.jpg(dari direktori saat ini) ke direktori pictures.

6. mkdir command

Oke sobat sekolahan untuk membuat direktori baru, kita bisa menggunakan perintah “mkdir”. kalau kita ingin membuat direktory dengan lebih dari satu kata pada namanya, kita perlu menggunakan tanda “\”

Selain untuk membuat direktori baru mkdir juga bisa mengatur hak akses lho sobat sekolahan!

7. mv command

Sobat sekolahan udah tau belum? kalau fungsi utama command mv adalah untuk memindahkan file meskipun sebenarnya bisa digunakan untuk mengganti atau mengubah nama file.

Untuk mengganti nama file, perintah linux-nya adalah (mv oldname.ext newname.ext.)

8. rm command

Sobat sekolahan rm adalah perintah dasar yang berfungsi untuk menghapus direktori beserta isinya. Jika sobat sekolahan hanya ingin menghapus direktorinya saja “rm namafile”

Tetapi perintah dasar ini tidak bisa sembarangan menghapus direktori. Gunakan “rm-r” untuk menghapus direktori. Ini akan menghapus direktori dan isinya.

9. touch command

selanjutnya touch command adalah perintah dasar yang memperbolehkan kita untuk membuat file baru yang kosong melalui baris perintah linux.

  • membuat 1 file dengan touch command (touch file_name.txt)
  • membuat beberapa file dengan touch command (touch file_name{1 ..3}.txt)
  • mengubah waktu akses dengan touch command (touch -a file_name.txt)

10. find command

Nah ini yang terakhir sobat sekolahan, perintah find untuk mencari file yang berlokasi di dalam direktori yang diberikan, find juga bisa digunakan untuk mencari file dan direktori lho sobat sekolahan.

  • mencari file menggunakan nama pada direktori saat ini (#find.-name catatan.txt)
  • mencari direktori berdasarkan nama (#find/-type d-name catatan)
  • mencari file dibawah direktori home (#find/home-name catatan.txt)

Sekian yang bisa mimin jelaskan pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa di lain waktu lagi sobat sekolahan!

Share your thoughts

share what,s happening in your mind about this post